16 September 2018

Bank dan Uang di Jerman (Bagian 1/2)

Perkara uang dimana-mana pasti penting. Mari kita bahas hal-hal yg berkaitan dengan hal penting ini di Jerman.

Bank
Rekening tabungan yang paling umum namanya Girokonto (akun giro) dan biasanya ada biaya bulanan sekitar €5. Ada juga beberapa bank yg membebaskan biaya bulanan dengan syarat ada pemasukan tiap bulan dalam jumlah tertentu. Mau bebas biaya bulanan tanpa syarat? Bukalah rekening di bank online. Apakah itu gerangan? Bank online adalah bank yang tidak punya kantor/gedung fisik, sehingga SEMUA aktivitas harus dilakukan secara online termasuk proses buka rekening baru. Semua aktivitas perbankan bisa dilakukan lewat smartphone-app atau website bank terkait atau bisa telpon kalo mau tanya atau komplain. Kecuali tarik uang tunai ya, kalo ini ya pasti harus datang ke ATM dong. Jadi tidak ada yg namanya datang ke bank, trus antri buat komplain ke mbak-mbak CS.

16 Mei 2017

Cara Menemukan Sesama Orang Indonesia


Berdasarkan pengalaman pribadi dan teman-teman saya sendiri, inilah cara-cara yang terbukti jitu untuk menarik perhatian dan menemukan sesama orang Indonesia ditengah keramaian ketika kita lagi sendirian di negeri asing:

31 Januari 2017

Sonnenstudio

Di Indonesia yang namanya whitening lotion banyak dijual dimana-mana. Kenapa? Karena orang-orang kurang puas dengan warna kulit masing-masing, jadi maunya punya warna kulit yang terang seperti artis-artis korea atau minimal kayak kebanyakan orang manado. Atau bisa juga karena cukup ingin menjaga warna kulit. Sekedar body lotion saja rasanya kurang cukup, lebih disukai kalau ada efek pemutihnya juga. "Biar ga gosong", begitu kira-kira kata kebanyakan orang Indonesia.

Nah itu di Indonesia, kalau di Jerman bagaimana? Body lotion banyak tersedia juga. Sun block untuk musim panas juga ada. Tapi saya belum pernah liat yang sekalian pemutih juga disini. Kenapa? Ya jelas lah, karena kebanyakan orang di Jerman kulitnya sudah terang jadi yang namanya whitening lotion bisa dipastikan tidak laku dijual. Yang bisa laku dijual di Jerman adalah.... jreng jreng jreeeeng... bisnis penggelap kulit!

11 November 2016

Augmented Reality

Sudah lama rasanya saya ga nulis satu hal yang cukup serius disini. Langsung lapar euy habis nulis ini... Baiklah, kita mulai saja.

Augmented Reality (AR) adalah perpaduan dari objek virtual dan objek nyata dalam ruang 3 Dimensi (3D) yang juga nyata secara real-time, dimana objek-objek virtual dan nyata tersebut memiliki posisi yang akurat dalam ruang 3D. Dengan demikian, kita dapat menambahkan objek virtual kedalam ruang nyata tanpa mengabaikan dan tetap berinteraksi dengan objek nyata yang telah ada. Atau dengan kata lain, kita dapat memperkaya apa yang sudah ada di ruang nyata dengan objek-objek virtual secara real-time.

17 Agustus 2016

Cara bikin tiramisu

Dalam rangka memperingati kemerdekaan RI yg ke-71, maka saya ingin berbagi bagaimana cara membuat tiramisu yang telah saya pelajari dari sumber-sumber terpercaya. Jangan khawatir pemirsa, hasil akhir dijamin aman untuk dikonsumsi, dan soal rasa... ya kembali ke skill masing-masing :D